Sabtu, 01 Oktober 2011

Pernak Pernik Budaya..

By : Merlug Comunity

Masih ingatkah Menangguk massal?

Salah satunya Menangguk Massal di danau Tinggi yang merupakan tradisi tahunan masyarakat Desa Merlung.

Menangguk yaitu Mencari ikan disungai, danau, Lbung dengan menggunakanalat yang disebut “Tangguk” atau menggunakan alat lain yg seperti Tudung Saji, dilakukan sendirian atauberamai ramai.

------------------------------------------

Apa itu Remajang?

Remajang berasal dari kata “Remaja” dan akhiran “ng”

Remajang adalah sebuah tahapan dalamproses pernikahan, dimana para remajaberdatangan kerumah mempelai baik laki – laki maupun perempuan untuk membantumemasang pelaminan.

-----------------------------------------

Kumpul Waris

Dulu dalam adat setelah pernikahan, di Merlung mengenal adanya ngumpul ahli waris. dimana dalam acara tsbt ahli waris menasehat penganten baru dalam bentuk seloko adat. Selain itu tujuannya adalah untuk mengenalkan kerabat2nya pada pengaten baru.

Ahli waris hampir sama dengan kepala suku.

Masih adakah sekarang?

-------------------------------------------

secara kasat mata mungkin kita pandang dalam akad nikah itu sama saja disetiap daerah.

Namun patut kita ketahui, walaupun daerah kita ini boleh dikatakan sudah menjadi kota dan maju, namun adat kita tetap terpakai.

Di Merlung yg menikahkan mempelay adalah Imam, bukan dari KUA (puaket). Dalam tatanan Hukum formal ini dianggap tidak sah, cuma sah secara Agama (surat nikah tidak bisa dikeluarkan).

Namun karena adat istiadat ini kuat dan sudah melekat secara turun temurun, maka untuk wilayah Merlung dan sekitarnya pernikaan seperti ini dianggap sah secara hukum (surat nikah bisa dikeluarkan), dan dalam proses pernikahan yg menikahkan tetap Imam. Beda dengan daerah lain...

--------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masuk