Selasa, 25 Januari 2011

Parsenibudpora Diminta Garap Wisata Alam di Mertulu


Radar Tanjab 12/01/2011 : BATANG ASAM - Wilayah Kecamatan Merlung - Tungkal Ulu sebenarnya kaya akan obyek wisata alam seperti air terjun, namun hingga saat ini sejumlah obyek wisata tersebut belum tersentuh sedikitpun oleh pemerintah stempat. Bahkan beberapa air terjun seperti di gemuruh hingga saat malah rusak akibat banyaknya penggundulan hutan.

Padahal apabila digarap secara maksimal obyek wisat tersebut bukan mustahil kalau tidak mendatangkan pendapatan bagi daerah termasuk menambah income bagi masyarakat setempat. Belum digarapnya potensi alam di Merlung-Tungkal Ulu ini mendapat sorotan tanjam dari sejumlah anggota DPRD dan kalangan pemuda di Tanjungjabung Barat.

Sejumlah tokoh pemuda di Merlung-Tungkal Ulu berharap agar Kepala Dinas Parsenibudpora memperthatikan dan menggarap potensi wisata alam yang ada di wilayah Merlung-Tungkal Ulu saat ini. Sebab selama ini potensi alam tersebut luput dari perhatian pemerintah kabupaten.

"Kadis Parsenibupora tolong garap potensi alam yang ada di Mertulu saat ini. Jangan hanya duduk di belakang meja, coba turun lihat potensi wisata alam tersebut, "tegas Abdurahman, Tokoh Pemuda Muara Papalik kepada Radar Tanjab kemarin.

Menurutnya, saat ini Dinas Parsenibudpora hanya menggarap yang sudah ada dan membangun Taman Ancol Beach yang akan dipindahkan di Pangkal Babu. Tetapi obyek wisata alam yang sudah ada cenderung dibiarkan. "Makanya turun, biar tahu mana saja tempatnya,"pintanya. Dikatakan, apabila memang tempat wisata alam tersebut dapat digarap dengan maksimal dengan mengundang investor swasta. Dirinya yakin hal tersebut akan mendatangkan PAD bagi daerah, begitu juga dengan para warga yang berada di dekat tempat wisata tersebut akan mendapatkan pemasukan. "Tanpa dana sebenarnya menggarapnya, cuma perlu investor saja,"ungkapnya.

Sebenarnya, lanjutnya wilayah Tungkal Ulu-Merlung saat ini kaya potensi wisata seperti air terjun. Namun sayangnya beberapa obyek wisata ini belum tersentuh sedikitpun. Apabila obyek wisata tersebut dikelola dengan baik tentunya akan menambah pendapatan tersendiri bagi daerah, apalagi tempatnya sangat strategis berada di jalan lintas timur Sumatra (jalintim). "Hal ini apabila digarap dengan baik, tentunya akan mengundang banyak wisatawan,"ujarnya.


Data Radar Tanjab Beberapa wisata alam yang ada di Merlung-Tungkal Ulu

Nomor Nama Wisata Lokasi
01 Wisata Alam Air Terjun Bukit Pinang Bawah Desa Tanjung Bojo Tungkal Ulu sekitar 5 km dari
Jalan Lintas Timur Jambi-Pekanbaru.
02 Air Terjun Telang Pelabuhan Dagang
03 Obyek Wisata Arung Jeram Desa Suban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Masuk